Selasa, 01 Januari 2013

Perencanaan Sistem dan Analisis Kelayakan

Perencanaan system meliputi proses identifikasi subsistem-subsistem yang ada pada system informasi yang penembangannya membutuhkan bantuan khusus. Tujuan perencanaan system ialah untuk mengidentifikasi berbagai bidang permasalahan yang perlu segera dipecahkan  maupun yang nantinya akan diselesaikan. Analisis system dimulai setelah perencanaan system telah mengidentifikasi subsistem yang dikembangkan. Tujuan utama analisis  system adalah untuk memahami sitem dan permasalahan yang ada, memberikan gamran informasi yang dibutuhkan ,dan untuk menetapkan prioritas untuk kerja system berikutnya.
            Pendekatan system yang secara total berbasis atas – bawah  sangat penting digunakan ketika mengembangkan sistem. Oleh karena itu perlu adanya perhatian yang seksama ketika mengembangkan sebuah rencana dan strategi system secara keseluruhan. Rencana tersebut harus memasukkan dukungan dan persetujuan total dari manajemen puncak. Tanpa rencana keseluruhan system informasi yang akan dikembangkan hanya akan seperti berupa motif abstract dalam jahitan kain perca. Rencana keseluruhan perlu mendapat kepastian untuk mencapai tujuan berikut ini;
·         Sumber daya yang dimiliki akan ditujukan untuk subsistem yang paling membutuhkan sumbe daya tersebut.
·         Proses duplikasi dan upaya yang sia-sia akan diminimalkan.
·         Pengembangan strategi dalam organisasi akan konsisten dengan keseluruhan rencana strategis organisasi.
Perencanaan sistem dan analisis kelayakan meliputi beberapa tahap yaitu;
1.      mendiskusikan dan merencanakannya bersama-sama dengan manajemen puncak.
2.      menetapkan sebuah dewan penasehat (steering commitee) bagi perencanaan sistem.
3.      menetapkan keseluruhan tujuan dan kendala yang dihadapi.
4.      mengenbangkan sebuah rencana sistem informasi strategis.
5.      mengidentifikasi dan menetapkan prioritas bagi wilaya-wilayah tertentu dalam organisasi untuk menjadi fokus pengembangan sistem.
6.      membuat sebuah proposal sistem yang akan berperan sebagai landasan analisis dan desain awal bagi subsistem tertentu yang akan dikembangkan.
7.      membentuk sebuah tim yang terdiri dari berbagai inividu yang akan bekerja dalam proses analisis dan desain awal.

Hal paling utama dalam seluruh upaya pengembangan sistem adalah mendapatkan dukungan dari manajemen puncak. Tugas pengembang sistem adalah mengamati dengan cermat rencana strategis, faktor kunci sukses, dan tujuan keseluruhan manajemen puncak.
Pengembang sistem harus mampu melakukan lebih banyak aktivitas dan inisiatif dari pada sekadar bertanya kepada manajemen puncak tentang masalah yang ada. Peran pengenbang sistem seperti layaknya seorang dokter yang memerikasa pasiennya. Paien hanya mampu mengungkapkan gejala-gejala yang timbul dari permasalahan yang dihadapinya dan tugas dokterlah yang menentukan masalah sebenarnya dan penyebab sesungguhnya.
           
            Mengenbangkan rencana sistem srategis. Output utama yang dihasilkan dewan penasihat atau individu yang bertanggung jawab atas pengembangan sistem adalah sebuah rencana sistem strategis. Rencana ini haruslah berupa dokumen tertulis yang menggabungkan tujuanjangka pendek dan tujuan jangka panjang dari upaya pengembangan sistem sebuah perusahaan. Elemen kunci dalam sebuah rencana sistem  strategis ialah:
  • keseluruhan pernyataan yang terkait ddengan faktor sukses kunci dari perusahaan dan tujuan-tujuan yang ingin dicapai.
  • Deskripsi sistem dalam perusahaam yang membutuhkan upaya pengembangan.
  • Pernyataan prioritas yang menunjukan bidang-bidang mana saja yang akan mendapatkan prioritas paling tinggi.
  • Garis besar sumberdaya yang dibutuhkan termasuk didalamnya biaya, orang,dan peralatan.
  • Rencana waktu pengembangan sistem tertentu
Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar